Headlines News :
resize
STOP Corruption, mulai dari kita. Sekarang !!Dewan Pelaksanan Cabang Clean Governance Lamongan. Against Corruption
Home » » Hizbullah Bom Turis Israel, Bulgaria Hanya Asumsi

Hizbullah Bom Turis Israel, Bulgaria Hanya Asumsi

Written By Unknown on Thursday, February 7, 2013 | 10:55 PM

Pengeboman bus wisata Israel di Bulgaria tahun lalu (Foto: Reuters)
Pengeboman bus wisata Israel di Bulgaria tahun lalu (Foto: Reuters)
SOFIA - Pengumuman hasil penyelidikan insiden pengeboman bus wisatawan Israel di Bulgaria Juli 2012, menunjukkan kelompok Hizbullah berada di balik pengeboman. Tetapi pengumuman tersebut belum dipastikan kebenarannya.  
Sejak Kamis 7 Februari kemarin media-media barat melaporkan bahwa Pemerintah Bulgaria memastikan kelompok Hizbullah merupakan otak pengeboman tersebut. Pernyataan ini sebelumnya dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri Bulgaria Tsvetan Tsvetanov, Selasa 5 Februari lalu.

Tetapi terungkap laporan lengkap mengenai pernyataan Menteri Bulgaria tersebut. Menurut Tsvetanov, kaitan antara Hizbullah dan pelaku pengeboman hanya berdasarkan pada asumsi bukan hasil penyelidikan akhir yang didasarkan pada bukti kuat.

Pernyataan Tsvetanov yang dimuat oleh BBC dan Jerusalem Post, 5 Februari lalu menyebutkan, "Kami sudah menemukan kaitan ada dua anggota sayap militan dari kelompok Hizbullah. Ada data menunjukkan kaitan antara Hizbullah dengan dua orang tersangka itu."

Namun ketika ditanya oleh The New York Times, Tsvetanov menyangkal pernyataannya sendiri. "Semua itu hanya asumsi, saya ulangi, hanya sebuah asumsi. Bisa saja kedua orang itu memang memiliki kaitan anggota dari sayap militan yang masuk dalam Hizbullah," jelas Tsetanov, seperti dikutip The New York Times, Jumat (8/2/2013).

Berdasarkan keterangan Tsvetanov menunjukkan, dirinya hanya berspekulasi berdasarkan data yang pada dasarnya tidak mendukung kesimpulan keterlibatan Hizbullah. Koreksi dari Tsvetanov dibenarkan oleh Hakim Agung Bulgaria Sotir Tsatsarov. Menurutnya, penyelidikan dari pengeboman ini masih berlangsung dan belum menunjukkan keputusan akhir.

Sementara Direktur Europol Rob Wainwright menyatakan, pihak berwenang Bulgaria memang mengeluarkan asumsi kuat bahwa pengeboman itu merupakan ulah dari Hizbullah. Menurutnya, ada keterkaitan kuat bahwa Hizbullah memang berada di balik pengeboman terbukti dari modus operandinya.
(faj)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

gif animator

Sponsor

gif animator

United Nations

UNICEF

UNICEF
The United Nations Children's Fund

World Health Organization

Popular Posts

Followers

 
Support : Creating Website | SMI Template | Suara Lamongan Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. suara lamongan - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Sentra Media Informatika