Headlines News :
resize
STOP Corruption, mulai dari kita. Sekarang !!Dewan Pelaksanan Cabang Clean Governance Lamongan. Against Corruption
Home » » Anggap Asia Pasifik Penting, AS Merapat ke RI

Anggap Asia Pasifik Penting, AS Merapat ke RI

Written By Unknown on Thursday, February 7, 2013 | 10:50 PM


Foto : Pasukan AS di Australia (ABC)
Foto : Pasukan AS di Australia (ABC)
JAKARTA - Pada masa pemerintahan Presiden Barack Obama, Amerika Serikat mulai memindahkan fokus kebijakan luar negerinya dari Timur Tengah ke kawasan Asia Pasifik. AS pun mulai meningkatkan hubungannya dengan negara-negara di Asia, termasuk Indonesia.

"Indonesia adalah negara demokratis dengan ekonomi yang berkembang pesat dan militer yang kuat. Indonesia juga aktif dalam forum-forum internasional seperti G20 dan ASEAN, ujar Pemimpin Komando Pasifik Militer AS, Admiral Samuel J. Locklear dalam acara diskusi yang diselenggarakan USINDO di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (8/2/2013).

Locklear menyebut kerja sama militer AS dengan Indonesia mengalami peningkatan pesat sejak tahun 2005. Kerja sama militer antara kedua negara tersebut semakin berkembang dengan disepakatinya kesepakatan kerja sama komprehensif.

Kerja sama militer antara AS dan Indonesia dilakukan untuk menghadapi ancaman bersama yang dimiliki kedua negara, seperti ancaman kejahatan lintas batas, bencana alam dan juga sengketa wilayah yang kini terjadi di kawasan Asia Pasifik.

"Kami memiliki hubungan yang sangat baik dengan militer Indonesia. Indonesia adalah negara kepulauan yang besar, kami pun seringkali berbagi informasi tentang masalah maritim dengan Angkatan Laut Indonesia," terang Locklear.

Komando Pasifik adalah badan yang memegang kendali militer AS di kawasan Asia Pasifik. Wilayah yang menjadi wewenang Komando Pasifik sangat luas mulai dari Kepulauan Hawaii hingga India.(AUL)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

gif animator

Sponsor

gif animator

United Nations

UNICEF

UNICEF
The United Nations Children's Fund

World Health Organization

Popular Posts

Followers

 
Support : Creating Website | SMI Template | Suara Lamongan Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. suara lamongan - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Sentra Media Informatika